KLHK Anugerahi Almarhum Maman Suparman Sang Pejuang Lingkungan Hidup Asal Sukabumi

 

SUKABUMI – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI memberikan penghargaan kepada almarhum Maman Suparman, salah seorang pejuang lingkungan hidup dan kehutanan yang berasal dari Sukabumi. Pria kelahiran Sukabumi yang wafat pada 2 Juli 2021 lalu dianugerahi penghargaan sebagai ‘Inovator Lingkungan Hidup dan Penyuluh Lingkungan’ dalam rangka Hari Kemerdekaan RI ke-76 pada Kamis (19/8).

Pengabdian almarhum yang merupakan ayahanda dari anggota DPR RI Fraksi Gerindra Heri Gunawan karena semasa hidupnya aktif, berjuang dan mengabdi untuk pelestarian hutan dan melindungi lingkungan hidup di Indonesia. Dari catatan yang diterima Radar Sukabumi, almarhum Maman telah mengabdi sejak tahun 1998-2021 tingkat nasional.

“Penghargaan ini didedikasikan almarhum ayahanda H. Maman Suparman Bin H. Ahmad Sukarta (Raharja) sebagai motivasi dan inovasi kepada para penyuluh kehutanan, penyuluh pertanian, penyuluh perikanan dan para penggiat lingkungan hidup, untuk memperkuat kolaborasi menuju pembangunan Indonesia berkelanjutan,” ujar Heri Gunawan.

Penerimaan penghargaan tersebut pun langsung diwakili Heri Gunawan yang secara langsung hadir dalam kegiatan doa bersama dan mengenang pejuang lingkungan hidup dan kehutanan.

Sementara itu, melalui siaran langsung kanal Youtube Kementerian LHK, acara tersebut dimulai pukul 14.00-16.00 WIB dan masih dalam serangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76.

Hadir langsung, Menteri KLHK, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, Sekjen KLHK, Direktur Jenderal Drs. Rasio Ridho sekaligus panitia kegiatan, Mantan Menteri LHK Kabinet Pembangunan zaman Orde Baru Sarwono Kusuma Atmaja, Sahabat LHK, Yeni Wahid berikut Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong dan tamu undangan lainnya.

Di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjut dengan sambutan Ketua Panitia dan dibuka dengan doa bersama oleh Rohaniawan dari Kementerian Agama secara enam agam. Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu.

Dilanjut dengan penyerahan penganugrahan penghargaan bagi para pejuang lingkungan hidup dan kehutanan se Indonesia sebagai salah satu bentuk apresiasi KLHK terhadap jasa kepahlawanan para sahabat/ aktivis pejuang LHK dalam mewujudkan lingkungan hidup yang bersih dan sehat serta hutan yang lestari serta menginspirasi publik turut berperan serta melindungi dan menjaga hutan dan lingkungan. (izo)

0 komentar:

Posting Komentar