Legislator Apresiasi Peluncuran Kredit Center dan Portal Pengaduan Restrukturisasi Kredit di Jateng

 


Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan mengapresiasi adanya terobosan yang di lakukan Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Solo yang berkolaborasi meluncurkan Kredit Center dan Portal Pengaduan Restrukturisasi Kredit. Program tersebut diperuntukkan bagi masyarakat dan pelaku UMKM untuk mendapatkan informasi, kemudahan berkonsultasi ataupun bisa sebagai layanan pengaduan dengan langsung menghubungi call center. Pasalnya, masih ada yang kesulitan dalam mengajukan perkreditan di Jateng. Dengan adanya program tersebut diharapkan bisa membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi.

 

“Ssaya melihat program tersebut sangat bagus dan menarik, yang mungkin bisa dicontoh bagi provinsi lain dalam membantu masyarakat dan pelaku Usaha Kecil dan Menengah dalam memberikan solusi terkait masalah KUR (Kredit Usaha Rakyat). Tadi saya mendengarkan hasil dari pemaparan bahwasannya ada kurang lebih 1400 pelaku UMKM yang sudah menggunakan sarana call center ini. Artinya,  program tersebut sudah berjalan dengan baik dan sangat dibutuhkan para pelaku UMKM,” katanya di sela-sela mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR RI terkait penyaluran KUR di Kota Solo, Jateng, Kamis (25/3/2021). 

 

Hergun, sapaan akrab politisi Partai Gerindra itu menyampaikan, dengan adanya terobosan Kredit Center dan Portal Pengaduan Restruktirasi Kredit, serta call center, diharapkan bisa menjadi solusi terhadap permasalahan yang menyangkut permodalan ataupun masalah pasar.  Masyarakat ataupun pelaku usaha UMKM bisa berkonsultasi sejumlah hal terkait kredit, di antaranya penurunan suku bunga, perpanjangan waktu kredit, pengurangan tunggakan pokok, pengurangan tunggakan bunga, ataupun penambahan kredit atau pembiyayaan.

 

Hasil dari konsultasi tersebut nantinya diharapkan bisa memberikan pencerahan yang selama ini menjadi persoalan masyarakat, yang nantinya dari hasil konsultasi ini akan ditindaklanjuti OJK Jateng, Perbarindo, Perbanas dan APPI. “Saya  mengharapkan dengan adanya terobosan yang diluncurkan Pemerintah Jawa Tengah bisa membantu masyarakat dan pelaku UMKM untuk mendapatkan informasi yang diinginkan secara jelas dan tidak lagi kesulitan dalam berkonsultasi atau mendapatkan informasi bisa langsung tertangani oleh pihak-pihak yang terkait,” harap legislator dapil Jawa Barat IV itu.

 

Seperti diketahui, peluncuran program Kredit Center dan Portal Pengaduan Restrukturisasi Kredit adalah sebagai bentuk komitmen pemda, OJK, Kanwil Dirjen Perbendaharaan, dan Industri Jasa Keuangan dalam rangka melaksanakan program untuk mendukung akselerasi  pemulihan ekonomi Jateng. Untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi dan mendorong kebangkitan UMKM di Jateng, OJK menyusun program “UMKM Bangkit” untuk meningkatkan kapasitas UMKM dalam new normal dengan melakukan pendampingan.

 

Berdasarkan data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, pada Januari 2021 realisasi KUR Jateng mencapai sebesar Rp3,14 triliun. Realisasi ini menempatkan Jateng menjadi provinsi penyalur KUR terbesar secara nasional dengan share mencapai 18,26 persen dari total realisasi KUR Nasional. Sementara berdasarkan data Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah,  data pembiayaan Ultra Mikro (UMi) di Jawa Tengah per Januari 2021 sebesar  Rp19,38 miliar dengan jumlah debitur sebanyak 5.116 debitur. (rni/sf)

1 komentar:

  1. The success stories of many earlier jackpot winners additionally spur folks on to keep half in}. Therefore, progressive slots are some of the the} top slots in several of} casinos outcome of} massive prize pool that they provide. It usually doesn’t even matter if these slots don’t have charming themes- folks just play them to strike the jackpot. Slot games are popular with many who appreciate the 메리트카지노 increasing innovation that is going towards of|in path of} their creation.

    BalasHapus