DPR RI Heri Gunawan Apresiasi Sosialisasi PTSL di Sukabumi

 



Anggota DPR RI Komisi II Fraksi Gerindra, Heri Gunawan atau akrab disapa Hergun mengapresiasi kegiatan sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis (PTSL) yang digelar oleh Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, di Ballroom Hotel Anugrah Sukabumi, Jumat (01/12/2023).

Hergun mengatakan, kegiatan ini merupakan sarana sosialisasi agar masyarakat lebih memahami segala bentuk ketentuan dan mekanisme PTSL, sehingga dapat berpartisipasi lebih aktif dalam menyukseskan PTSL.

“Saya ingin menyampaikan penghargaan dan apresiasi serta sekaligus kebanggaan kepada penyelenggara yang telah menginisiasi dan melaksanakan kegiatan sosialisasi ini,” ujarnya dalam keterangan resmi.

Dalam momen tersebut, meskipun tidak dapat hadir secara langsung, dia menyampaikan soal wawasan Pemilu 2024 dan fungsi DPR RI. Di antaranya meliputi fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan.

“Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional RI, yang merupakan salah satu mitra Komisi II DPR RI, memiliki program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Program tersebut merupakan tugas yang diberikan oleh Presiden RI kepada Menteri ATR/Kepala BPN untuk mendaftarkan seluruh bidang tanah yang ada di Indonesia,” jelasnya.

PTSL ini adalah kegiatan Pendaftaran Tanah untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak bagi semua objek Pendaftaran Tanah di seluruh wilayah Republik Indonesia dalam satu wilayah desa/kelurahan. Meliputi pengumpulan data fisik dan data yuridis mengenai satu atau beberapa objek Pendaftaran Tanah untuk keperluan pendaftarannya. (Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 6 Tahun 2018).


sumber : https://jurnalsukabumi.com/2023/12/01/dpr-ri-heri-gunawan-apresiasi-sosialisasi-ptsl-di-sukabumi/

0 komentar:

Posting Komentar