PPKM Darurat Jawa-Bali, Anggota DPR RI Heri Gunawan Minta Bansos dan Program Stimulus Tetap Berjalan

 


Jakarta- PPKM Darurat Jawa-Bali secara resmi diberlakukan oleh Presiden Joko Widodo.

Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat ini diberlakukan hanya untuk Pulau Jawa dan Bali dan berlaku sejak 3-20 Juli 2021.

Mengenai keputusan PPKM Darurat Jawa-BaliDPR RI meminta pemerintah agar tetap memberikan bantuan sosial (bansos) demi membantu masyarakat.

Dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari situs resmi DPR RI, Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan menyampaikan, bansos tunai sebesar Rp300 ribu, harus diperpanjang agar bisa membantu masyarakat yang terdampak.

Seperti yang diketahui bahwa bansos tunai seharusnya berakhir pada bulan Juni lalu.

Tetapi, Heri meminta program stimulus dan relaksasi tersebut harus dipastikan pula tepat sasaran dan waktu.

Selain itu, program Kartu Prakerja, subsidi gaji kepada pekerja, dan bantuan modal kerja kepada UMKM juga harus tetap berjalan.

Apabila semua itu tetap dijalankan, maka bisa menjaga daya beli masyarakat di saat kondisi PPKM Darurat.

Ia berharap, hal tersebut mampu memperpanjang napas para pengusaha di tengah ketidakpastian ini.

Bukan rahasia lagi kalau penutupan mall atau penerapan PPKM Darurat ini bisa berdampak pada pengurangan bahkan PHK seiring meruginya pelaku usaha.

“Tentu mereka akan kehilangan atau setidaknya berkurang penghasilannya,” ucapnya.

“Dengan dilanjutkannya stimulus, relaksasi, dan Bansos Tunai diharapkan masyarakat yang terdampak PPKM Darurat bisa berkurang bebannya,” sambung Heri.

Heri menyampaikan, kebijakan PPKM Darurat di Jawa dan Bali adalah solusi terbaik untuk mengurangi kasus positif dan pasien meninggal dunia karena Covid-19.

Di sisi lain, kebijakan ini sebenarnya berpotensi membuat keadaan ekonomi memburuk.

“Memang, di tengah laju kasus positif yang terus mendaki, perlu melakukan pembatasan sosial. Namun, ini bisa membuat ekonomi terpuruk,” katanya.

“Seperti buah simalakama, kebijakan PPKM Darurat Jawa dan Bali sudah pasti berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi,” sambung Heri.

Pasalnya, Jawa sampai saat ini berkontribusi 58,7 persen terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Bansos tunai akan sangat membantu masyarakat di tengah penerapan PPKM Darurat dimana mobilitas dibatasi dengan sangat ketat.

Selain bansos, Heri berharap, Menteri Keuangan hendaknya memprioritaskan pembayaran tagihan rumah sakit agar penanganan pasien bisa dilakukan sebaik mungkin.***


sumber : https://cirebon.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-042156993/ppkm-darurat-jawa-bali-anggota-dpr-ri-heri-gunawan-minta-bansos-dan-program-stimulus-tetap-berjalan?page=3

0 komentar:

Posting Komentar