Hari Jadi ke-152, Hergun: Harmonisasi Bekerja dan Berkarya untuk Sukabumi Tercinta

 


Tepat 10 September 2022, Kabupaten Sukabumi memperingati hari jadinya yang ke-152. Tentu saja, di usia yang memasuki satu abad setengah lebih, kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali ini harus terus berbenah, bekerja, bergerak dan berkarya untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.

Demikian disampaikan anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Heri Gunawan. Menurut Legislator Senayan yang berangkat dari Daerah Pemilihan Jawa Barat IV, mencakup Kota dan Kabupaten Sukabumi, hari jadi sejatinya dijadikan momen intropeksi dalam bekerja, bertindak, dan berkarya.

“Selamat Hari Jadi ke-152 untuk Kabupaten Sukabumi yang merupakan asal daerah pemilihan (dapil, red) saya. Seyogyanya hari jadi ini, kita jadikan momentum untuk terus semangat bekerja dan berkarya untuk Sukabumi tercinta agar lebih baik,” kata Hergun, sapaan karib Heri Gunawan.

Ketua DPP Partai Gerindra itu mengajak semua stakeholder bekerja sama untuk terus berkarya. Ditegaskannya, Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu daerah terbesar yang mempunyai segudang potensi. Disebutkannya, salah satu potensi wilayahnya yaitu memiliki kekayaan sumber alam hayati yang melimpah ruah. Potensi kekayaan alam tersebut berupa gunung, rimba, laut, pantai dan sungai (gurilaps).

Tidak hanya memiliki bonus demografi berupa gurilaps, Kabupaten Sukabumi juga punya keunggulan lain yakni memiliki kampung adat yang tersebar di beberapa kecamatan di antaranya Ciptagelar, Sinaresmi, dan Ciptamulya, serta kerajinan buah tangan UMKM yang menembus pasar nasional hingga internasional.

Menurut Hergun, Kabupaten Sukabumi merupakan wilayah eksotis yang serba ada, potensi alam sangat melimpah yang sering disebut gurilaps. Pariwisata menjadi salah satu potensi utama di Sukabumi, terbukti adanya Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark.

“Palabuhanratu juga memiliki potensi wisata yang memukau. Bentangan laut yang mencapai 117 kilometer dengan segala potensi mulai dari surfing, mancing, diving, maupun untuk hal-hal lain. Namun semua potensi itu perlu adanya gagasan dan kerja sama dari semua kalangan, agar roda ekonomi tergerak sehingga berdampak kepada kesejahteraan masyarakat,” papar Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra ini.

Ketua Poksi Fraksi Partai Gerindra di Komisi XI DPR-RI itu berharap, potensi Kabupaten Sukabumi bisa lebih dioptimalkan dengan keberadaan jalan tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi). Sejak 2018, sudah dioperasikan seksi 1 dari Ciawi ke Cigombong.

“Seksi 2 yang menghubungkan Cigombong – Cibadak ditargetkan akan selesai pada Desember tahun ini. Dan selanjutnya akan dilakukan pembangunan seksi 3 dan seksi 4,” tambahnya.

“Kami di DPR selalu mendorong Pemerintah untuk segera menyelesaikan pembangunan tol Bocimi. Keberadaan tol Bocimi sebagai solusi mengatasi kemacetan dan mendorong peningkatan ekonomi, pariwisata, dan industri di Sukabumi,” lanjutnya.

Kapoksi Fraksi Partai Gerindra di Badan Legislasi (Baleg) DPR-RI ini juga mengapresiasi diaktifkannya kembali KA Pangrango yang melayani rute Bogor – Sukabumi sejak April lalu.

“Seiring dengan masa pemulihan, kereta ini kembali diaktifkan sehingga diharapkan dapat memperlancar lalu lintas warga dan mendorong peningkatan perdagangan,” tambahnya.

“Jalur kereta Bogor-Sukabumi bukan hanya akan melayani angkutan orang, namun juga barang-barang sehingga aktivitas ekonomi kembali menguat,” tegasnya.

Hergun juga berpesan, memasuki tahun politik, masyarakat agar tetap menjaga kekompakan dan waspada terhadap upaya-upaya pemecah belah. Kedamaian Kabupaten Sukabumi perlu dijaga bersama.

“Pemilu 2024 hendaknya disambut dengan gembira sebagai pesta demokrasi. Semua pihak perlu mendukung kesuksesan penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Sukabumi,” tambahnya.

Anggota Bidang Kemitraan Antar Lembaga Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB. IPSI) ini kembali mengingatkan kekompakan dan sinergitas semua stakeholder jangan berhenti malah harus lebih ditingkatkan. Ditekankan juga agar Kabupaten Sukabumi mampu mempertahankan capaian, mulai dari meningkatnya perekenomian, pengentasan kemiskinan, hingga penurunan tingkat pengangguran.

“Harmonisasi untuk bekerja dan berkarya untuk membangun Sukabumi perlu dikedepankan oleh semua stakeholder. Lebih semangat untuk pulih dari pandemi dan bangkit untuk terus berkarya, sehingga mampu bersaing dengan daerah lainnya,” pesannya.

Hergun menegaskan siap mendukung dan mengawal program-program untuk kemajuan Sukabumi di parlemen. Dukungan ini dibuktikannya dengan keberadaan Rumah Aspirasi dan Inspirasi Heri Gunawan (RAI Hergun) di Jalan Arif Rachman Hakim, Warudoyong, Sukabumi yang selalu terbuka menerima aspirasi dan inspirasi dari masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar