Heri Gunawan Ajak Masyarakat Sukabumi Untuk Tau Dan Paham Apa Itu Ombudsman

 


UKABUMI : Sudah 20 tahun lebih ombudsman berdiri, sosialisasi perdana dilaksanakan di wilayah Kabupaten Sukabumi, bertempat di Hotel Grand Inna Samudra Beach, Palabuhanratu, Kamis (12/10/2023).

Anggota DPR RI Komisi II, Heri Gunawan mengatakan, saat ini banyak dari masyarakat yang masih tidak paham dengan ombudsman, baik yang hadir mengikuti sosialisasi maupun tidak.

“Saya yakin Mungkin banyak juga warga kota Kabupaten Sukabumi yang tidak paham Apa itu Ombudsman?. Ternyata kan ini dibentuk berdasarkan amanat undang-undang dasar dimana hak dasar sebagai warga negara itu berhak mendapatkan pelayanan dalam artian pelayanan sebagai warga negara, nah dibentuk lah Ombudsman,” ucapnya.

Lebih lanjut Heri Menjelaskan, Tugas ombudsman sendiri yakni menerima pengaduan dan akan menindaklanjuti pengaduan ini sesuai dengan tupoksinya terkait dengan masalah pelayanan publik.

“Khususnya pelayanan publik yang tersangkut dengan masalah dananya yang diperoleh dari APBN ataupun APBD, baik perorangan ataupun lembaga,” lanjutnya.

Anggota dewan yang mewakili dapil Jabar IV yang meliputi daerah kota dan Kabupaten Sukabumi itu menerangkan, ada banyak tantangan yang harus dihadapi, terlebih lagi mengenalkan ombudsman kepada masyarakat luas.

“Harusnya melakukan sosialisasi yang lebih masif dalam artian bukan cuma hanya sebatas sosialisasi bertemu seperti ini, tergantung mungkin sosialisasi dalam bentuk membuat call center, atau membuat merchandise yang emang harusnya bisa diketahui oleh masyarakat secara luas, Apa sih ombusman ini ?,” terangnya.

Terakhir, dengan diadakannya sosialisasi ini, ia berharap masyarakat menjadi familiar bahwa ada lembaga negara yang bernama ombudsman tentunya dengan tugas dan fungsinya.

“Harapan saya ini bisa membuka wawasan kawan-kawan yang ada di Kabupaten Sukabumi bahwa ada sebuah lembaga negara yang bernama ombudsman, karena kita memiliki hak yang kita miliki sebagai pelayanan dan akses,” tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar