Muhasabah Hergun di 2020-2021, Apa Pesannya?


 JURNALSUKABUMI.COM – Sebaiknyalah mengevaluasi tentang apa yang telah kita kerjakan di tahun 2020 untuk memastikan kualitas yang lebih baik lagi di tahun 2021.

Kalimat di atas merupakan penggalan pesan pergantian tahun 2020-2021 bagian dari refleksi anggota DPR RI, Heri Gunawan. Pesan yang disampaikan legislator yang karib disapa Hergun ini tepat di penghujung tahun, Kamis (31/12/2020).

Lebih lanjut, politisi Partai Gerindra ini menganalogikan waktu ibarat sungai, tidak bisa menyentuh air yang sama untuk kedua kalinya, karena air yang telah mengalir akan terus berlalu dan tidak akan pernah kembali.

“Tahun Baru 2021 tinggal beberapa jam lagi, kita akan sambut dengan tetap menjaga keikhlasan, ketulusan, kejujuran dan berdamai dengan semua orang,” ucap Hergun.

Hergunpun menceritakan sebuah kisah yang inspiratif. Berikut alur ceritanya: 

Seorang bocah laki-laki masuk ke sebuah toko. Ia mengambil peti minuman dan mendorongnya ke dekat pesawat telepon koin. Lalu, ia naik ke atasnya sehingga ia bisa menekan tombol angka di telepon dengan leluasa. Ditekannya tujuh digit angka. Si pemilik toko mengamati terus tingkah bocah ini dan menguping percakapan teleponnya.

Bocah: “Ibu, bisakah saya mendapat pekerjaan memotong rumput di halaman Ibu?”

Ibu (di ujung telepon): “Saya sudah punya orang untuk mengerjakannya”.

Bocah: “Ibu bisa bayar saya setengah upah dari orang itu”.

Ibu: “Saya sudah sangat puas dengan hasil kerja orang itu”.

Bocah (dengan sedikit memaksa): “Saya juga akan menyapu pinggiran trotoar Ibu dan saya jamin di hari Minggu halaman rumah Ibu akan jadi yang tercantik di antara rumah-rumah yg berada di kompleks perumahan ibu”.

Ibu: “Tidak, terima kasih”.

Dengan senyuman di wajahnya, bocah itu menaruh kembali gagang telepon. Si pemilik toko, yang sedari tadi mendengarkan, menghampiri bocah itu.

Pemilik Toko: “Nak, aku suka sikapmu, semangat positifmu, dan aku ingin menawarkanmu pekerjaan”.

Bocah: “Tidak. Makasih”.

Pemilik Toko: “Tapi tadi kedengarannya kamu sangat menginginkan pekerjaan”.

Bocah: “Oh, itu, Pak. Saya cuma mau mengecek apa hasil kerjaan saya sudah bagus. Sayalah yang bekerja untuk Ibu tadi!”

Heri Gunawan bersama keluarga.

“Hikmah yang bisa kita petik, sebaiknyalah muhasabah diri, mengevaluasi diri selama setahun ini, Sehingga kita bisa berbuat dan memastikan yang lebih baik pada tahun berikutnya,” pesannya.

Reporter: Ifan | Redaktur: FK Robbi


0 komentar:

Posting Komentar