Legislator Gerindra Apresiasi Program Sosial BI Dukung UMKM

 


JAKARTA,— Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan hadir dalam kegiatan Penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) di Pendopo Desa Wisata Hanjeli tepatnya di Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, Kamis (26/01/2023).

Pada kegiatan yang mengusung tema “Bank Indonesia di Setiap Makna Indonesia” itu, Kapoksi Fraksi Partai Gerindra di Komisi XI DPR-RI menyampaikan penghargaan dan apresiasi dan sekaligus kebanggaan kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat yang telah menginisiasi kegiatan yang luar biasa ini.

Kegiatan Penyerahan Program Sosial Bank Indonesia ini diharapkan akan meningkatkan upaya kita dalam meningkatkan kapasitas UMKM untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara yang sudah memberikan kehormatan bagi saya untuk turut andil berkontribusi dalam acara ini sebagai bagian dari upaya mengembangkan ekonomi Sukabumi, Jawa Barat, dan Indonesia,” kata Heri Gunawan.

Politisi yang akrab disapa Hergun mengatakan, kinerja perekonomian Indonesia pada 2022 cukup menggembirakan. Di tengah tantangan resesi global, ekonomi Indonesia mampu tumbuh di atas 5 persen. Capaian tersebut tidak bisa dilepaskan dari kontribusi UMKM yang terbukti handal menghadapi tantangan Pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19, sebut Hergun, membawa dampak yang luar biasa. Tidak hanya di sektor kesehatan publik, tetapi juga pada Perekonomian global. Berbagai pembatasan aktivitas ekonomi, komersial, dan sosial yang diberlakukan untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran virus Covid-19 memberikan tekanan pada sisi ekonomi, keuangan dan sosial dan berimbas pada kontraksi ekonomi di banyak negara-negara dunia termasuk Indonesia.

“Peran UMKM yang sangat besar dalam perekonomian Indonesia, menjadi salah satu kunci utama dalam pembangunan ekonomi. Menurut data, jumlah UMKM mencapai 99 persen dari keseluruhan unit usaha. Kontribusi UMKM terhadap PDB juga mencapai 60,5 persen, dan terhadap penyerapan tenaga kerja adalah 96,9 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional,” terang legislator Senayan dari Dapil Jawa Barat IV Kota/Kabupaten Sukabumi.

0 komentar:

Posting Komentar