Heri Gunawan: Masih Ada Masyarakat Sukabumi Belum Faham dan Fungsi Lembaga Ombudsman

 



SUKABUMI — Anggota DPR RI dari partai Gerindra Heri Gunawan apresiasi upaya Ombudsman yang terus melakukan sosialisasi kepada ratusan masyarakat Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi di Grand Inna Samudra Beach Hotel.

Menurut Heri Gunawan kegiatan sosialisasi dalam rangka peningkatan akses pengaduan pelayanan publik tersebut merupakan pertama dilaksanakan Ombudsman di Kabupaten Sukabumi, sehingga tidak heran masih banyak didapati sejumlah masyarakat yang belum mengetahui dan memahami lembaga Ombudsman itu sendiri.

“Saya pikir ini memang kegiatan pertama kali Ombudsman melakukan sosialisasi di Kabupaten Sukabumi, warga ataupun teman teman yang mengikuti sosialisasi masih banyak yang tidak paham dengan Ombudsman,” ungkap Heri Gunawan.

“Saya yakin mungkin banyak juga warga kota Kabupaten Sukabumi yang nggak paham juga apa itu Ombudsman,” imbuhnya.

Heri Gunawan menjelaskan Ombudsman sendiri dibentuk berdasarkan amanat undang-undang dasar, dimana didalamnya ombudsman tersebut melayani hak dasar sebagai warga negara untuk mendapatkan pelayanan lembaga pemerintahan sebagai warga negara.

“Nah dibentuk lah Ombudsman, tugasnya menerima pengaduan dan akan menindaklanjuti pengaduan ini sesuai dengan tupoksinya terkait dengan masalah pelayanan publik, khususnya pelayanan publik yang tersangkut masalah dana yang diperoleh dari APBN ataupun APBD, baik perorangan ataupun lembaga,” jelasnya.

Masih kata Heri Gunawan, Ombudsman sendiri berdiri sudah sejak 20 tahun lalu, dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat di Kabupaten Sukabumi merupakan yang pertama tentunya hal itu menjadi tantangan karena masih masyarakat masih belum mengenal lembaga tersebut.

“Ada tantangan juga, ternyata mereka kurang begitu dikenal, harusnya melakukan sosialisasi yang lebih masif dalam artian bukan cuma hanya sebatas sosialisasi bertemu, sosialisasi dalam bentuk membuat call center, atau membuat merchandise yang emang harusnya bisa diketahui oleh masyarakat secara luas,” ucapnya.

Sehingga dengan adanya sosialisasi tersebut yang dilakukan ombudsman kepada masyarakat di Palabuhanratu, Kabipaten Sukabumi kedepan masyarakat akan lebih mudah melakukan pengaduan terkait pelayanan publik yang merugikan masyarakat.

“Harapan Saya ini bisa membuka wawasan masyarakat yang ada di Kabupaten Sukabumi bahwa ada sebuah lembaga negara yang bernama ombusman, kita memiliki hak yang kita miliki sebagai pelayanan dan akses, intinya ini penyambung akses,” tandasnya. (ndi/d)

sumber : https://radarsukabumi.com/kabupaten-sukabumi/heri-gunawan-masih-ada-masyarakat-sukabumi-belum-faham-dan-fungsi-lembaga-ombudsman/

0 komentar:

Posting Komentar