HERI GUNAWAN- TEBAR IKAN DAN PENANAMAN POHON WUJUD PELESTARIAN GUNA SELAMATKAN LINGKUNGAN HIDUP


Sukabumi,- Seiring dengan tingginya volume penangkapan ikan yang tak sebanding dengan daya pulihnya, sebagai upaya mengembalikan jumlah populasi ikan di perairaan umum, seperti situ, dan perairan yang berada di lingkungan masyarakat. Kegiatan restoking (penebaran benih) di situ waluranmandiri ini dilakukan dengan menggandeng Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Kota Sukabumi.

 

Diharapkan ke depan stok ikan akan semakin bertambah, dan dapat berbanding lurus dalam membantu pendapatan masyarakat disamping sebagai salah satu upaya menjaga kelestarian alam guna memperbaiki ekosistem perairan setempat. Karena jika penangkapan ikan yang tinggi tidak sebanding dengan jumlah populasinya, akan berdampak pada ekosistem itu sendiri.

Dalam rangka mendorong ekonomi kerakyatan menuju swasembada pangan, saya berharap dapat menggerakkan dan menghidupkan kembali program-program ekononi kerakyatan, dengan cara diantaranya mengembalikan fungsi situ, embung, waduk dan bendung yang ada di Sukabumi untuk menjadi salah satu tempat sumber mata pencaharian penduduk.




Menurut data teknis dari Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Propinsi Jawa Barat, untuk Kabupaten Sukabumi tercatat 136 situ, embung, waduk dan bendung.

Dengan adanya ikan, diharapkan masyarakat terdorong untuk menjaga kebersihan situ. Tentunya masyarakat tidak ingin bibit ikan yang ada mati karena kondisi air yang kotor. Dengan cara ini saya  ingin menggelorakan kembali semangat mengkonsumsi ikan serta mengajak bapak/ibu untuk memperhatikan pola menu keluarga sebagai asupan yang baik dan sehat bagi anggota keluarganya untuk mewujudkan keluarga yang sehat kuat dan cerdas.

Konsumsi ikan yang dianjurkan para ahli setiap individu 100 gram/kapita/hari atau 36 Kg/kapita/tahun. Ayo makan ikan untuk keluarga kita yang sehat kuat dan cerdas.

Menjaga lingkungan tetap hijau merupakan kewajiban semua pihak, kegiatan penanaman pohon seperti ini, diharapkan dapat memotivasi pihak-pihak lain dalam melakukan hal serupa guna meningkatkan kualitas kehidupan yang berkelanjutan.

Dalam tebar benih ikan dan penanaman pohon ini, saya berharap ke depan pemerintah daerah dapat bersinergi dalam menghidupkan ekonomi masyarakat, dengan menjaga kelangsungan hidup ekosistem dan menjaga kelestarian lingkungan hidup dan berharap dengan panorama yang baik dan asri dapat dijadikan sebagai salah satu daerah tujuan wisata rakyat untuk membangun titik-titik ekonomi rakyat yang riil.



Oleh       :   Heri Gunawan; Anggota Komisi XI DPR RI
                    Fraksi Partai GERINDRA - Dapil Jawa Barat IV


0 komentar:

Posting Komentar