Kata Heri Gunawan, Politik Tidak Identik dengan Gontok-gontokan


FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra DPR RI Heri Gunawan mengatakan, dialog harus diutamakan dengan seluruh pemangku kepentingan. Dengan begitu, semangatnya bisa tercermin dalam produk perundang-undangan maupun kebijakan.
“Politik sama sekali tidak identik dengan gontok-gontokan atau keinginan untuk menang sendiri,” tegas legislator asal Sukabumi ini.
Dalam situasi pandemi Covid-19 yang dihadapi saat ini pun, kata Hergun, semangat Pancasila terpancar dari segenap anak bangsa. Gotong-royong membantu antarsesama begitu nyata. Tidak hanya slogan. Masyarakat yang memiliki ekonomi berlebih membantu warga yang membutuhkan.
“Aksi nyata bagi-bagi sembako, makanan siap saji, APD, masker, hand sanitizer dapat dilihat setiap hari di berbagai sudut wilayah NKRI. Itulah yang menyelamatkan bangsa ini dari keterpurukan akibat Pandemi Covid-19. Jiwa-jiwa Pancasialis muncul tanpa disuruh atau diperintah,” tandasnya. (fat/jpnn) engatakan Pancasila merupakan simpul yang telah mengikat bangsa Indonesia.
Pancasila adalah modal kebangsaan dan bukan milik golongan tertentu saja.
Demikian disampaikan politikus yang beken disapa Hergun tersebut dalam memaknai peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni, kemarin.
Menurutnya, saat ini Pancasila diaktualisasikan dalam bentuk gotong royong. Manifestasinya adalah dialog dan musyawarah untuk mufakat.
“Pancasila adalah milik seluruh bangsa Indonesia, bukan hanya golongan tertentu. Sehingga, seluruh bangsa Indonesia memiliki tanggung jawab untuk terus menghidupkan Pancasila. Inilah keseimbangan yang ingin dibangun oleh Pancasila dalam menjalankan negara,” kata Hergun, Senin malam.
Dia mengatakan bahwa Pancasila bukan hanya klaim sepihak atau segolongan semata-mata, tetapi representasi kesepakatan bersama dan sari pati dari relasi sosio-kultural serta yang paling penting adalah common dream (mimpi) semua anak bangsa.
“Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia harus terus diamalkan demi terwujudkan Indonesia maju, adil dan makmur,” sambung ketua DPP Gerindra ini.
Dalam memperingati hari lahir Pancasila, katanya, kehidupan politik nasional hari ini harus berbasiskan pada sila-sila dalam ideologi negara ini. Terutama mengedepankan semangat gotong royong. Salah satu contonya, berbagai kebijakan yang dirumuskan oleh pemerintah maupun DPR, harus mengedepankan dialog. (jpnn/fajar)

0 komentar:

Posting Komentar