Resmikan Klinik Kesehatan Islamic Boarding School Alwasilah Lilhasanah Sukabumi, Heri Gunawan : Perlu Dukungan Pemerintah

 

Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Heri Gunawan, didampingi Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara, hadiri Penutupan Al-Wasilah Festival 2022 yang dirangkai dengan peresmian Klinik Islamic Boarding School (IBS) Alwasilah Lilhasanah di Wilayah Kampung Sukakerta, Desa Bojongkerta, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Minggu (19/06/2022).

Heri Gunawan nyatakan apresiasi atas pelaksanaan Festival Al-Wasilah 2022, menurut Dia, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk ketaqwaan dan kecintaan terhadap Islam dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan anak berahlakul karimah.

"Kehormatan bagi saya untuk turut andil berkontribusi dalam peresmian Klinik Islamic Boarding School Alwasilah Lilhasanah, sebagai sebuah upaya untuk memberikan pelayanan kesehatan di lingkungan yayasan termasuk mendukung program pendidikan dan kesehatan sebagai program prioritas nasional," ungkap Heri Gunawan, Minggu (19/06).

Menurut Pria yang akrab disapa Hergun, sektor pendidikan dan kesehatan merupakan dua program penting dalam upaya mewujudkan generasi yang terdidik dan masyarakat yang sehat.

Anggota Komisi X yang membidangi Pendidikan menyebut, anggaran pendidikan tahun 2022 mencapai Rp 621,3 triliun, anggaran ini digunakan diantaranya untuk membiayai Bantuan Operasional Sekolah (BOS), PIP (Program Indonesia Pintar), KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah, Tunjangan Profesi Guru (TPG) non-PNS.

Masih kata Heri Gunawan, anggaran perintah di sektor kesehatan di tahun 2022 ini mencapai Rp 255,4 triliun yang terdiri dari anggaran kesehatan terkait Covid-19 sebesar Rp 116,4 triliun dan Rp 139,0 triliun yang tidak terkait dengan Covid-19.

Lebih jauh menurut Heri Gunawan, Negara memiliki keterbatasan baik dari sisi anggaran maupun sarana dan prasarana sehingga dibutuhkan partisipasi masyarakat.

Hergun menyebut, diperlukan penguatan kolaborasi antara pemerintah dengan masyarakat khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan.

"Hal tersebut sudah dilakukan Yayasan Alwasilah Lilhasanah yang selama ini menyelenggarakan pendidikan formal maupun nor-formal, seperti Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Pondok Pesantren," ungkap Heri Gunawan.

"Dan hari ini peresmian Klinik Islamic Boarding School (IBS) Alwasilah Lilhasanah. Kontribusi positif di bidang pendidikan yang dilengkapi dengan partisipasi di bidang kesehatan," sambung Dia.

"Kontribusi positif ini perlu disambut baik pemerintah dengan meningkatkan kolaborasi dan kerjasama antara Yayasan Alwasilah Lilhasanah dengan instansi terkait," tandasnya.

Lebih jauh menurut Hergun, Pemerintah perlu memberi support khususnya di bidang pendanaan agar partisipasi yang telah dilakukan Yayasan Alwasilah Lilhasanah bisa lebih ditingkatkan.

"Klinik yang hari ini diresmikan idealnya juga melayani masyarakat umum agar dapat memberi dampak manfaat yang lebih luas, tidak hanya bagi keluarga besar Alwasilah semata, namun juga untuk masyarakat Sukabumi pada umumnya.

"Karena itu, perlu dilakukan kerjasama baik dengan Dinas Kesehatan, BPJS Kesehatan, bila perlu juga menjalin kerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI," beber Heri Gunawan.(*)


0 komentar:

Posting Komentar