Anggota DPR Sidak Harga Cabai di Pasar Sukabumi

INILAHCOM, Sukabumi - Harga cabai merah dan daging sapi di pasar tradisional "Pelita" Kota Sukabumi masih cukup tinggi. Cabai merah masih bertahan dengan harga Rp90ribu per kilogram dan daging sapi Rp95 ribu per kilogramnya.

Selain kedua jenis kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) yang harganya masih tinggi itu, saat ini diikuti dengan kenaikan sejumlah komoditas lainnya. Seperti sayuran dan ikan asin, harganya mulai ikut merangkak naik.

Seperti harga wortel dari Rp 8ribu per kilogramnya, saat ini menjadi Rp10ribu per kilogram. Juga harga ikan sepat saat ini dijual Rp80 ribu per kilogram. Padahal, sebelumnya hanya dijual dengan harga Rp50 ribu per kilogram.

"Harga di pasaran itu memang sangat dipengaruhi pasokan dan permintaan barang," kata Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Heri Gunawan yang sedang reses dengan inspeksi mendadak memantau harga kepokmas di pasar tradisional Sukabumi, Minggu (14/12/2014).

Politikus Partai Gerindra itu menuturkan, dari hasil pemantauan dan perbincangan dengan para pedagang, saat ini yang harganya masih tinggi adalah cabai merah yang harganya lebih tinggi dibandingkan dengan harga komoditas yang lain.

Dari sidak ini juga, saya mendapatkan informasi banyaknya retribusi yang harus dibayarkan para pedagang pasar. Akibatnya, para pedagang harus menanggung beban yang cukup besar setiap harinya," ujar anggota DPR dari daerah pemilihan Kota dan Kabupaten Sukabumi itu.

Salah seorang pedagang ikan asin, Cicah (45) menuturkan, setelah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, harga ikan asin juga ikut merangkak naik. "Kenaikannya juga cukup tinggi," tutur Cicah yang membuka kios ikan asin di Pasar Pelita. [hus]

Sumber : 

0 komentar:

Posting Komentar