Reses Masa Persidangan II Tahun 2014-2015


KUNJUNGAN KERJA PERORANGAN HERI GUNAWAN, SE.
RESES MASA PERSIDANGAN II TAHUN SIDANG 2014-2015  


Pelaksanaan Kunjungan Kerja (Kunker) Perorangan adalah bagian integral dari pelaksanaan fungsi DPR sebagaimana amanat Pasal 20A Ayat (1) UUD NRI 1945 jo Pasal 69 Ayat (1) UU No. 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3) jo Pasal 4 Ayat (1) Peraturan DPR RI No. 1 Tahun 2014 tentang Tata Tertib (Tatib), bahwa “Dewan Perwakilan Rakyat memiliki fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan.” Hal itu merupakan kewajiban “representasi rakyat” yang mesti dilakukan oleh Heri Gunawan, SE. sebagai Anggota DPR RI dalam rangka membuka ruang partisipasi publik, transparansi pelaksanaan fungsi, dan pertanggungjawaban kerja DPR kepada rakyat.

Dalam Reses Masa Persidangan II Tahun Sidang 2014-2015 ini, Heri Gunawan, SE. sebagai “Perwakilan Rakyat” Dapil Kota dan Kab. Sukabumi di DPR RI dari fraksi Partai GERINDRA memberi perhatian khusus isu “Kedaulatan Pangan, energi, dan  Penguatan Infrastruktur”, yang terbagi dalam bidang legislasi, pengawasan, dan penganggaran, sebagai berikut:

1.  Bidang Legislasi:

Heri Gunawan, SE. akan melakukan Sosialisasi Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tahun 2015-2019 yang telah diputuskan dalam Rapat Paripurna DPR-RI, Senin, 09 Februari 2015. Kegiatan ini bertujuan untuk menghimpun dan memperjuangkan berbagai aspirasi masyarakat Kota dan Kab. Sukabumi, termasuk mengidentifikasi Daftar Permasalahan yang terkait dengan RUU dalam Prolegnas.  

Dari 159 RUU yang diputuskan, ada 37 RUU yang menjadi Prioritas Tahun 2015 ini. Kemudian dari 37 RUU Prioritas tersebut, Fraksi Partai GERINDRA tercatat sebagai pengusul beberapa RUU yang terkait dengan isu “Kedaulatan Pangan dan Energi”.

Sosialisasi RUU tersebut menjadi bukti bahwa Partai GERINDRA telah bertekad untuk melibatkan diri secara penuh dalam perumusan Regulasi Baru yang berdampak pada hajat hidup orang banyak, sebagaimana amanat UUD NRI 1945 dan Manifesto Partai GERINDRA.

   
2.  Bidang Pengawasan
Heri Gunawan, SE. sebagai Wakil Ketua/Anggota Komisi VI DPR RI akan melakukan “Kegiatan Dengar Pendapat & Jaring Aspirasi” yang dihadiri oleh sekitar 30 Orang dari Jajaran BUMN sebagai mitra kerja Komisi VI DPR RI, yaitu: PERUM BULOG, PT PERTANI, PTPN VIII, PT PLN, PT KAI, PT PNM, PT WASKITA KARYA, dan PERUM PEGADAIAN.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menggali tantangan dan permasalahan yang dihadapi BUMN dalam mewujudkan cita-cita “Kedaulatan Pangan, Energi dan Penguatan Infrastruktur”, khususnya di wilayah Kota dan Kab. Sukabumi. Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan “Kunjungan Lapangan” yang bertujuan untuk mengobservasi langsung aktivitas operasi BUMN, UMKM, dan Pasar Desa di wilayah Kota dan Kab. Sukabumi. Beberapa titik yang dikunjungi, sebagai berikut:
1.     Gudang Bulog di Sukabumi.
2.     PTPN VIII
3.     PLN Unit Kota Sukabumi (Pembangunan PLTU)
4.     Infrastuktur Tol BOCIMI
5.     Infrastruktur PT KAI Sukabumi
6.     Sentra UMKM “Slamet Quail Farm” Sukabumi.
7.     Pasar Desa Kadudampit, Kec. Kadudampit, Sukabumi.
8.     Sentra Perikanan Budidaya Cisaat, Desa Kebonpedes, Kec. Kebonpedes, Sukabumi.

3.  Bidang Penganggaran:

Heri Gunawan, SE. melakukan “Jaring Aspirasi dengan Masyarakat” yang bertujuan untuk mengidentifikasi konsistensi pelaksanaan pokok-pokok APBN Perubahan 2015 yang harus sesuai dengan Visi-Misi Pemerintah tentang “Kedaulatan Pangan, Energi, dan Penguatan Infrastruktur” di wilayah Kota dan Kab. Sukabumi, sebagaimana amanat Pancasila dan UUD 1945 dan Peraturan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

4.  Lainnya

Kegiatan penyerahan Bantuan Barang berupa Laptop oleh Rumah Aspirasi dan Inspirasi Heri Gunawan ke beberapa desa/kelurahan. Bantuan barang tersebut menjadi inventaris/asset kantor desa/kelurahan yang digunakan untuk meningkatkan kapasitas pelayanan administrasi kepada masyarakat di desa/kelurahan yang bersangkutan.

Dengan bantuan laptop tersebut diharapkan pelayanan administrasi desa bisa lebih maksimal dan efisien karena dapat dilakukan secara mobile (turun langsung ke masyarakat). Ke depan diharapkan laptop tersebut bisa menunjang kegiatan akses informasi di desa/kelurahan yang bersangkutan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Menurut Koordinator Rumah Aspirasi dan Inspirasi Heri Gunawan, H. Maman Suparman, bahwa berdasarkan kajian Rumah Aspirasi & Inspirasi Heri Gunawan, salah satu masalah penting desa adalah kegiatan pendataan. “Dengan laptop ini, kegiatan pendataan sebagai salah satu unsur penting pembangunan desa/keluarahan bisa lebih maksimal dan efisien karena laptop bisa memungkinkan aparatur desa melakukan kegiatan administrasi pendataan secara mobile atau turun langsung ke masyarakat,” jelas H. Maman Suparman.

Lebih jauh, lanjut H. Maman Suparman, bahwa pemberian bantuan kepada desa/kelurahan yang ada mengacu pada 2 (dua) kriteria, sebagai berikut: 1) desa/kelurahan yang secara kelembagaan perlu di-support dengan alat pendataan (laptop) yang memungkinkan kegiatan administrasi (pendataan) berjalan efisien dan maksimal; 2) desa/kelurahan yang secara spasial atau teritorial mewakili dan menguatkan hubungan antar wilayah, termasuk hubungan desa-kota.

--------------------------

Berikut daftar 42 Desa/Kelurahan di Kota dan Kabupaten Sukabumi yang mendapatkan bantuan laptop :

A. KOTA SUKABUMI
1.   Kelurahan Selabatu Kec. Cikole
2.   Kelurahan Cisarua Kec. Cikole
3.   Kelurahan Tipar Kecamatan Citamiang
4.   Kelurahan Gedongpanjang Kecamatan Citamiang
5.   Kelurahan Baros Kecamatan Baros
6.   Kelurahan Cibeureumhilir Kecamatan Cibeureum
7.   Kelurahan Limusnunggal Kecamatan Cibeureum


8.   Kelurahan Babakan Kecamatan Cibeureum
9.   Kelurahan Sriwedari Kecamatan Gunungpuyuh
10. Kelurahan Gunungpuyuh Kecamatan Gunungpuyuh
11. Kelurahan Karangtengah Kecamatan Gunungpuyuh
12. Kelurahan Benteng Kecamatan Warudoyong
13. Kelurahan Nyomplong Kecamatan Warudoyong
14. Kelurahan Warudoyong Kecamatan Warudoyong

B. KABUPATEN SUKABUMI
15. Desa Sukamanah Kecamatan Gegerbitung 
16. Desa Gegerbitung Kecamatan Gegerbitung
17. Desa Parungseah Kecamatan Sukabumi
18. Desa Cireunghas Kecamatan Cireunghas
19. Desa Bojongsawah Kecamatan Kebonpedes
20. Desa Sukaraja Kecamatan Sukaraja
21. Desa Sukaresmi Kecamatan Cisaat
22. Desa Cidolog Kecamatan Cidolog
23. Desa Bojongtipar Kecamatan Jampangtengah
24. Desa Cimerang Kecamatan Purabaya
25. Desa Tegalbuleud Kecamatan Tegalbuleud
26. Desa Sukamaju Kecamatan Cimanggu
27. Desa Waluranmandiri Kecamatan Waluran
28. Desa Bojongkerta Kecamatan Warungkiara
29. Desa Ubrug Kecamatan Warungkiara
30. Desa Citarik Kecamatan Palabuhanratu
31. Kelurahan Palabuhanratu Kecamatan Palabuhanratu
32. Desa Lembursawah Kecamatan Cicantayan
33. Kelurahan Cibadak Kecamatan Cibadak
34. Desa Cibodas Kecamatan Bojonggenteng
35. Desa Bojonggenteng Kecamatan Bojonggenteng
36. Desa Bojonggaling Kecamatan Bojonggenteng
37. Desa Bangbayang Kecamatan Cicurug
38. Desa Cidahu Kecamatan Cidahu
39. Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda
40. Desa Sukatani Kecamatan Parakansalak
41. Desa Bojonglongok Kecamatan Parakansalak
42. Desa Tugubandung Kecamatan Kabandungan.


          

0 komentar:

Posting Komentar