DPR: Pengelolaan Mobnas Sebaiknya Dilakukan BUMN

Jakarta, GATRAnews - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Heri Gunawan menyarankan agar produksi dan pemasaran kendaraan nasional (mobil nasional/mobnas) dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara, bukan bekerja sama dengan Proton Malaysia. "Namanya kendaraan nasional, baik motor maupun mobil, harus hasil dari karya anak bangsa dan Indonesia punya sumber daya manusia yang mumpuni untuk membuat kendaraan yang bisa dikerjasamakan dengan BUMN," kata Heri, seperti dilaporkan Antara, di Jakarta, Selasa (10/3).


Heri mengimbau pemerintah agar mengembangkan produk-produk otomotif anak bangsa. Salah satunya, mobil ESEMKA yang merupakan karya pelajar SMK itu.

"Di sini, peran BUMN sangat penting, karena badan usaha ini dibentuk pemerintah selain untuk menghasilkan pendapatan negara juga untuk kesejahteraan," katanya.

Ia mengemukakan, Komisi VI sudah memanggil Menteri Perindustrian RI, agar dikaji ulang kerja sama dengan Proton tentang kendaraan nasional dan hendaknya lebih percaya kepada BUMN untuk mengelola mobil nasional yang benar-benar hasil karya anak bangsa.

0 komentar:

Posting Komentar