Usulan Anggota DPR, Sukabumi Terima 30 Unit Traktor

SUKABUMI (Pos Kota) – Sebanyak 30 unit hand tractor (traktor tangan) hasil usulan dan penjaringan Rumah Aspirasi dan Inspirasi (RAI) Heri Gunawan, sebagai Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra akan disebar ke-30 kelompok tani/gapoktan yang tersebar di Kabupaten Sukabumi.


Rinciannya, 20 unit hand tractor berasal dari Kementerian Pertanian dan 10 unit hand traktor dari Direktorat Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kementerian Perindustrian dalam rangka menopang program ketahanan pangan.

Bantuan hand traktor yang berasal dari Kementerian Pertanian, delapan di antaranya diserahkan langsung pada acara Tanam Perdana oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian di Desa Mekarsari, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, dengan melibatkan tim dari Rumah Aspirasi & Inspirasi Heri Gunawan, Rabu (19/8).

Kedelapan penerima hand tractor itu yakni Gapoktan Laksana di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhan Ratu; Rimba Raya Desa Bantaragung Kecamatan Jampangtengah; Mitra Tani di Desa Bojongsari Kecamatan Jampangkulon; Rukun Warga di Desa Cimahpar Kecamatan Kalibunder. Empat unit traktor tangan lainnya diterima masing-masing oleh Gapoktan Tani Barokah dan Sabilulungan di Kecamatan Ciracap, dua lagi yakni di Kecamatan Ciemas oleh Gapoktan Babakan Tani dan Sejahtera. Sisa dari Kementan yakni 12 unit traktor sudah siap dibagikan. Dalam waktu dekat akan segera menyusul dan langsung diserahkan ke kelompok tani penerima.

“Semua traktor yang akan dibagikan jumlahnya 30 unit. 20 unit dari Kementan sudah siap dibagikan. Sementara 10 unit masih dalam tahap verifikasi dari Kementrian Perindustrian. Setelah selesai nantinya akan segera dialokasikan dan diserahkan kepada kelompok tani di Sukabumi,” ujarnya.

Heri yang kini menjabat Wakil Ketua Komisi VI DPR mengharapkan, hand tractor roda dua tersebut dapat bermanfaat dan diterima langsung oleh kelompok tani/gapoktan bersangkutan. Dengan adanya bantuan ini, Heri berharap produktivitas pertanian dapat meningkat. Menurutnya, dengan penggunaan mesin traktor biaya garap lahan pertanian diharapkan akan lebih efisien dan cepat.

“Bantuan traktor ini jangan sampai dijual-belikan oleh para kelompok tani. Traktor ini diharapkan dapat membantu para petani dalam mengolah lahan yang lebih murah dan cepat sehingga akan menopang perekonomian petani itu sendiri,” terang Heri yang berangkat di Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar IV yang melingkupi Kota/Kabupaten Sukabumi ini.

Ditegaskan Heri, alokasi puluhan unit hand traktor ini sudah disampaikan ke Pemkab Sukabumi melalui Dinas Pertanian. Selanjutnya terkait teknis pendistribusi dan pengawasan akan melibatkan tim dari Rumah Aspirasi & Inspirasi Heri Gunawan.

“Saya berharap, bantuan ini tepat sasaran dan tepat guna. Selanjutnya, sinergitas yang baik antara saya sebagai wakil rakyat dari Kota dan Kabupaten Sukabumi dengan pemda tetap terjaga sehingga program pemerintah yang pro rakyat dapat dirasakan langsung masyarakat. Ini semua untuk Sukabumi yang lebih baik,” tandasnya.

Foto Dokumentasi Kegiatan






0 komentar:

Posting Komentar