Komisi XI: RAPBN 2016 Terkendala Target Penerimaan Negara

Jakarta, TabloidBongkar.com – Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016 sampai sejauh ini masih dalam tahap rancangan dan masih dicari kekurangan dari penerimaan pendapatan negara. Menurut Anggota Komisi XI Heri Gunawan, saat ini pemerintah sedang melakukan penyesuaian. Pasalnya, pada penjelasan lalu pemerintah menyatakan bahwa penerimaan terbesar negara berasal dari pajak. Sementara itu, sampai saat ini proses penerimaan pajak secara manual masih masuk sampai 31 Maret dan penerimaan pajak secara online masih berjalan sampai 30 April 2016.
“Saat ini pemerintah melakukan penyesuaian, penerimaan pajak saja masih berjalan sampai saat ini,” katanya kepada TabloidBongkar.com, di Kompleks Parlement, Senayan, Jakarta, Selasa (12/4/2016).
Politisi Gerindra ini menjelaskan, pada program penerimaan pajak secara online mengalami gangguan di sistem pemerintah sendiri yang mengakibatkan diperpanjangnya proses penerimaan itu sampai dengan 30 April. Heri menuturkan, saat ini yang menjadi kendala di pemeritah dalam merancang APBN ada di target penerimaan negara, sebab di tahun 2016 sendiri target penerimaan negara masih belum terpenuhi.
“Pada pengajuan anggaran yang lalu pemerintah menargetkan 1500 triliun, paling yang tercapai hanya 1300triliun,” katanya.
Heri menambahkan, jika memang pemerintah tidak mendapatkan target yang diinginkan maka akan dilakukan evalusi ulang dalam hal menetapkan target penerimaan negara.

0 komentar:

Posting Komentar