Wakil Ketua Komisi VI DPR Temukan Beras Bulog Kualitas Jelek

SUKABUMI (Pos Kota) – Kualitas beras di Gudang Bulog yang berlokasi di Sukaraja, Kabupaten Sukabumi jelek. Kondisi beras kurang bagus tersebut ditemukan ketika Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Heri Gunawan melakukan inspeksi mendadak (sidak).

Pantauan di lokasi, beras tersebut banyak dedaknya. Beras yang baru didatangkan dari Cirebon Minggu pagi.

“Beras banyak dedaknya. Ini mengecewakan masyarakat khususnya yang menerima beras Bulog baik raskin maupun operasi pasar (OP),” cetusnya.

Seharusnya pengadaan beras Bulog di Sukabumi berasal dari daerah sendiri. Sukabumi merupakan daerah lumbung padi karena terdapat banyak areal persawahan di selatan Sukabumi. Bahkan, Bupati Sukabumi mengklaim surplus produksi beras hingga 250 ribu ton pada 2014 lalu.

“Tata niaga beras di Bulog harus dikelola dengan lebih baik. Atau memang disengaja menyalurkan beras jelek untuk memudahkan masuknya beras impor,’’ terang politikus muda asal Partai Gerindra ini.

DPR, kata Heri, akan mempertanyakan kinerja Bulog yang telah mendapatkan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 3 triliun. Rencananya, dalam RDP (Rapat dengar pendapat-red) nanti akan ditanyakan kemana uangnya.

Kepala Bulog Subdivre Cianjur Budi Setiawan mengatakan, stok beras di Gudang Bulog Sukaraja masing tergantung kepada Subdivre daerah lain. Jika nantinya ada beras yang kualitasnya jelek maka akan diolah di mesin agar lebih baik. Proses pemilahan ini nantinya akan dilaporkan ke pusat.

“Beras yang disalurkan untuk OP maupun raskin sama kualitasnya yakni jenis beras medium,” terangnya.


(sule/sir)

0 komentar:

Posting Komentar