Pemerintah Diyakini Bisa Kendalikan Harga Bahan Pokok

Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Heri Gunawan meyakini pemerintah dapat mengontrol kenaikan harga kebutuhan pokok seperti cabai dan bawang merah menjelang puasa sehingga  harga tidak bergejolak.

Saat ini harga cabai dan bawang terus naik karena naiknya permintaan, sedangkan pasokan dalam negeri tidak cukup.

"Ini kan, sudah sering terjadi setiap tahun, maka mestinya sudah bisa diantisipasi sejak dini, baik dari sisi produksi sampai pengamanan stok. Tapi, sejauh ini, kebijakan pemerintah masih bersifat insidentil dan ujug-ujug impor. Impor adalah langkah terakhir," kata Heri dalam keterangan persnya, Selasa.

Ia menyebutkan, Menteri Perdagangan telah menjamin keamanan stok kebutuhan pokok untuk keperluan Puasa hingga Idul Fitri. "Karenanya, saya berharap kebijakan impor jangan tergesa-gesa," ujar politisi Partai Gerindra itu.

DIa juga menyoroti sisi produksi yang disebutnya rendah karena da  penyusutan lahan sehingga harga cabai dan bawang sangat berfluktuatif dan rawan spekulasi dengan saat ini harga cabai merah sudah pada kisaran Rp20.000/kg, sedangkan harga bawang merah pada Rp25.000/kg.

"Itu berarti sudah lampu merah. Peringatan," kata Heri.

0 komentar:

Posting Komentar