Anggota Komisi XI DPR RI, Heri Gunawan Hadiri Pelatihan Sensus Ekonomi 2016

SALABINTANA - Ribuan petugas sensus ekonomi Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, ikuti pelatihan listing sensus ekonomi 2016. Hal itu, dilakukan untuk mendapatkan informasi potret utuh perekonomian bangsa, sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional. Pasalnya, setiap keputusan harus diambil berdasarkan informasi yang valid dan akurat. 

Kegiatan yang diselenggarakan di dua titik tersebut, yakni Hotel Salabintana dan Hotel Pangrango juga dihadiri Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan,  Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sukabumi, Asisten Daerah II Pemberdayaan Ekonomi Kabupaten Sukabumi dan lainnya.
Kepala BPS Kabuapten Sukabumi Dodi Gunawan Yusuf mengatakan, sensus ekonomi untuk pendataan seluruh sektor usaha secara menyeluruh (selain sektor pertanian) akan mampu menghasilkan gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi non-pertanian serta  informasi dasar dan karakteristiknya.  Selain itu, sensus ekonomi akan diketahui daya saing bisnis serta penyediaan kebutuhan informasi usaha. "Sebanyak 3740 peserta listing secara keseluruhan. Sementara, di Hotel Salabintana terdapat 922 peserta yang diambil dari 22 kecamatan dan sisanya para peserta mengikuti pelatihan di Hotel Pangrango," kata Dodi kepada www.sukabumizone.com Senin, (28/03).
Masih di tempat yang sama, Asisten Daerah II Pemberdayaan Ekonomi Kabupaten Sukabumi Dana Budiman menjelaskan, kegiatan yang bertemakan menyediakan informasi untuk pengembangan usaha dan daya saing bangsa tersebut, untuk mengetahui data ekonomi Kabupaten Sukabumi secara konkret. Untuk itu, diadakan metode pendataan Sensus Ekonomi. Diantaranya, metode listing perusahaan yang mencakup seluruh usaha ekonomi, metode pendataan karakteristik usaha mikro yang dilakukan secara sampel berdasarkan frame hasil listing sensus ekonomi dan metode pendataan karakteristik usaha menenengah besar yang dilakukan secara sensus untuk seluruh perusahaan dengan skala usaha menengah dan besar. "Sementara upah yang diberikan pada ribuan petugas sensus ekonomi  yang nantinya terjun langsung kelapangan untuk pendataan diambil dari Anggaran Pembelanjaan Negara (APBN) dan di berikan langsung oleh BPK kabuputen Sukabumi," jelas Dana.
Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan mengatakan, ia sangat mengaresiasi terhadap BPS Kabupaten Sukabumi yang tengah melakukan pelatihan listing sensus ekonomi. Namun, ia sangat menyesali terhadap pelatihan tersebut sebab hanya dilakukan setiap sepuluh tahun sekali. "Pelatihan ini merupakan bentuk dasar segi enam yang melambangkan sensus ekonomi dilaksanakan setiap 10 tahun sekali. Padahal pendataan ini terlalu jauh. Jadi saya harap pendataan ini diselenggarakan lebih ideal apabila dilakukan setiap lima tahun sekali," jelasnya.
Selain itu, ia juga berharap agar Badan Pemerintah Desa (BPD) yang ada diseluruh Kabupaten Sukabumi dapat hadir untuk mengikuti sosialisasi sensus ekonomi sehingga dapat mengetahui dan sinergis ketika petugas listing ekonomi dalam menjalankan tufoksinya dilapangan. "Pendataan sensus ekonomi ini harus valid dan jangan berbicara ego eksternal tetapi harus saling bahu membahu dalam memyediakan informasi untuk pengembangan usaha dan daya saing bangsa," pungkasnya. Den/Bang

0 komentar:

Posting Komentar