Heri Gunawan - Jaga Keseimbangan Politik, Gerindra Layak Duduki Kursi Ketua MPR RI

Info Heri Gunawan :
Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPR RI, Heri Gunawan menegaskan Partai Gerindra layak untuk mendapatkan kursi Ketua MPR RI. Hal ini penting untuk menghindari situasi The Winner takes it all ( pemenang mengambil semua).
“Saat ini Presiden terpilih dan Ketua DPR terpillih berasal dari kubu politik yang sama. Maka wajar jika Gerindra mendapatkan kursi Ketua MPR sebagai langkah konkrit dimulainya keseimbangan politik,” kata Heri Gunawan dalam keterangan tertulisnya , Kamis (3/10/2019).
Legislator dapil Sukabumi ini mengatakan, walaupun Partai Golkar memiliki kursi terbanyak kedua di MPR, tetapi harus digarisbawahi bahwa Gerindra adalah peraih suara terbanyak kedua pada Pemilu lalu.
Menurutnya, dalam teori kepemiluan, rujukan paling tepat dalam menghitung eksistensi partai di mata rakyat adalah jumlah suara dan bukan jumlah kursi DPR.
“Oleh karena itu demi menjaga keseimbangan politik serta cerminan Permusyawaratan Perwakilan, sangat wajar kita mengikuti konvensi yang pernah ada bahwa partai rival pemenang diberikan kehormatan yang layak untuk menduduki kursi Ketua MPR RI,” tandas Heri Gunawan.

0 komentar:

Posting Komentar