Hergun: 4 Pilar Bangsa Panduan Memilih Pemimpin yang Aman dan Unggul


 SUKABUMI,  – Partai Gerindra melaksanakan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Samudera Beach Hotel, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pada Selasa (17/11/2020). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani dan Wakil Ketua Fraksi Gerindra pada DPR RI Heri Gunawan.

Dalam sambutannya, Heri Gunawan menuturkan bahwa Empat Pilar Bangsa yakni Pancasila, UUD Tahun 1945, Negara Kedaulatan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika adalah panduan untuk mendapatkan kedewasaan dan kebijakan tersebut. Hal ini berkaitan dengan dua agenda besar yang sedang dihadapi Indonesia, yakni Pilkada serentak 2020 dan pandemi Covid-19.

“Kita akan menghadapi Pilkada Serentak 2020, dan pengaruh Pilkada sangat besar dalam kehidupan masyarakat. Apalagi pagelaran Pilkada saat ini bertepatan dengan bencana wabah Covid-19,” kata Heri Gunawan, Selasa.

Politisi yang karib disapa Hergun mengatakan, Pilkada merupakan perwujudan dari Sila ke-4 Pancasila yakni sebagai bentuk perwujudan kedaulatan rakyat. Dengan adanya hajatan politik lima tahunan itu, kedaulatan rakyat terjaga.

“Dalam melaksanakan kedaulatan rakyat lewat Pemilu, Pilkada tidak boleh dilandasi dendam dan kebencian.
Menyebar kebencian bukan watak bangsa Indonesia. Sebaiknya kita ciptakan Semangat Baru untuk Sukabumi Unggul,” ujarnya.

Hergun menegaskan pelaksanaan kedaulatan rakyat tak boleh surut kendati perlu menyesuaikan dengan keadaan terkini yakni adanya pandemi. Untuk itulah diperlukan hakikat dari Empat Pilar Bangsa yang bertujuan untuk memastikan keberlangsungan bangsa Indonesia berjalan dengan aman.

“Apapun bentuknya, kedaulatan rakyat tidak boleh dikesampingkan, karena gagasan besar dari kedaulatan rakyat adalah menyelamatkan rakyat,” ucap legislator Senayan asal Sukabumi.

Pada 9 Desember 2020, ratusan kabupaten dan kota serta puluhan provinsi menggelar Pilkada serentak, termasuk Kabupaten Sukabumi. Diharapkan dengan pelaksanaan Pilkada yang digelar mampu melahirkan pemimpin atau kepala daerah yang mampu mengembangkan nilai-nilai Pancasila dan membawa Sukabumi Unggul Lahir Batin.

“Saya dan kami meyakini, nilai-nilai Empat Pilar akan mampu tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya setelah berakhirnya Pilkada. Kepada para pasangan calon Pilkada, pemahaman dan implementasi Empat Pilar tidak hanya sebatas saat kampanye dan pemilihan saja, namun berlanjut ketika menang dan kemudian menduduki jabatan karena pemimpin Masyarakat Sukabumi harus paham komitmen kebangsaan yaitu Empat Pilar,” cetus Hergun.

Lebih lanjut, Hergun mengatakan pula bahwa setiap perhelatan pilkada ataupun Pemilu, kerap mendapatkan ujian yang sangat berat dan beresiko yaitumoney politic dan sikap pragmatis dari para pemilih. Kontestasi yang luar biasa dalam rangkaian Pilkada membutuhkan kedewasaan dan kebijakan berpikir dari seluruh warga Sukabumi selaku anak bangsa.

“Saya berharap agar masyarakat Sukabumi memanfaatkan Pilkada ini dengan sebaik-baiknya. Kenapa? Karena arah pembangunan saat ini berdasarkan visi dan misi dari kepala daerah. Sebelum UUD Tahun 1945 diamandemen, MPR mempunyai wewenang untuk membuat Garis Besar Haluan Negara atau GBHN,” paparnya.

Dengan hadirnya pemimpin Aman yang kreatif, kata Hergun lagi, potensi yang ada di daerah akan tergali sehingga mampu memberi keuntungan bagi warganya guna menciptakan Semangat Baru Sukabumi Unggul. Sehingga dia menyarankan agar dalam pilkada nanti warga masyarakat dapat memilih pemimpin yang mempunyai visi dan misi yang mengacu pada 4 Pilar dan pilih pemimpin Aman dan kreatif dalam membangun Sukabumi dan bangsa.

“Misalnya, Pemimpin yang memiliki 1 Visi, 5 Misi, dan 22 Bidang isu strategis serta 17 program diantaranya guna mewujudkan tatanan birokrasi pemerintahan yang berwibawa, terpercaya dalam menjalankan pelayanan publik,” urainya.

Hergun pun berpesan kepada seluruh jajaran pengurus Partai Gerindra, baik DPC, PAC, Anak Ranting, Sayap Partai dan Kader, Relawan, Simpatisan dan Para Dewan agar menunjukkan bahwa jiwa dan roh Pancasila telah di aplikasikan dalam cara berpikir, bertindak, berelasi guna mewujudkan nilai kesatuan dan persatuan dalam semangat gotong royong. Untuk melakukan konsolidasi dan komunikasi yang aktif dan proaktif, sebagai upaya memaksimalkan mesin partai.

“Ayo kita sukseskan pesta demokrasi pilkada ini, masyarakat Kabupaten Sukabumi yang ingin membangun warisan yang baik harus berkumpul jadi 1 (satu), bersama berjuang membangun Sukabumi. Dengan tetap mengikuti anjuran protokol kesehatan. Mari bersama kita kobarkan semangat masyarakat Sukabumi, ajak seluruh lapisan masyarakat mengunakan hak pilihnya untuk mencoblos calon kepala daerah yang Unggul lahir batin,” kata Heri Gunawan.

Mari kita solid bergerak, tegak lurus sebagai Kader Partai yang ber-ideologi Pancasila. Kita berjuang bersama rakyat untuk kemenangan rakyat, mari kita lanjutkan kemenangan Partai Gerindra di Sukabumi,” tuntasnya. (izo/rs)


sumber : https://radarsukabumi.com/berita-utama/hergun-4-pilar-bangsa-panduan-memilih-pemimpin-yang-aman-dan-unggul/

0 komentar:

Posting Komentar