Revitalisasi Pasar Mardika Ambon Perlu Diprioritaskan

Tim Kunjungan Kerja Komisi VI DPR RI melakukan peninjauan kondisi Pasar Mardika di Kota Ambon, Provinsi Maluku. Komisi yang membidangi masalah perdagangan ini menilai revitalisasi terhadap pasar terbesar yang berada tidak jauh dari Pantai Mardika ini perlu segera dilakukan.

"Pasar Mardika ini kita nilai sudah jauh dari nyaman, pedagang berhimpitan, becek, perawatan kurang. Kita dukung pasar kebanggaan Warga Ambon ini perlu segera di-revitalisasi," kata anggota Tim Kunker Slamet Junaedi usai kunjungan di Ambon, Maluku, Selasa (9/12/14).

Ia meyakini Pasar Mardika sudah masuk dalam agenda revitalisasi 1000 pasar setiap tahun di seluruh Indonesia yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Politisi Fraksi Partai Nasdem ini menyebut dewan pasti akan mendukung setiap program yang pro-rakyat.

Bicara pada kesempatan yang sama anggota Tim Kunker dari Fraksi PKB Siti Mukaromah meminta penataan kembali Pasar Mardika harus mengedepankan kekhasan daerah yang kaya dengan hasil lautnya ini.

"Potensi dan kekhasan daerah perlu dijaga, jangan apa-apanya dibikin mall. Pasar Ikan Arumbai di sini sudah terkenal sejak lama, kalau bisa dirancang lebih baik, nyaman berbelanja ikan," tutur dia.

Dalam kunjungan yang dipimpin Ketua Komisi VI Achmad Hafisz Tohir ini sejumlah aspirasi berhasil dihimpun dari masyarakat diantaranya keberadaan pedagang kaki lima yang menyebabkan turun drastisnya penghasilan pedagang yang berada di sejumlah toko.

"Pedagang yang sudah punya toko di dalam pasar mengaku hanya beberapa kali transaksi selama seminggu, begitu terus bisa tutup. Ini perlu jadi perhatian pemerintah," kata Hafisz. Kementerian Perdagangan berencana akan revitalisasi 1000 unit pasar di seluruh Indonesia tahun 2015 nanti. Program revitalisasi pasar ini rencananya akan menggunakan anggaran antar kementerian. (iky), foto : ibnur khalid/parle/hr.

Sumber : www.dpr.go.id

0 komentar:

Posting Komentar