Pimpinan Komisi VI Sambangi Sentra Belut di Sukabumi


. 
SUKABUMI – Wakil Ketua Komisi VI DPR, Heri Gunawan menyambangi sentral budidaya, pembenihan/pembesaran, dan pengolahan Belut yakni  Kelompok Usaha Bersama (KUB) Dendeng Belut Asli Sawah Flamboyan beralamat di Jalan Tugu, Desa Pasir haling, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (3/1).
Kunjungan yang didampingi beberapa wakil rakyat daerah ini merupakan rangkaian reses politikus muda asal Partai Gerindra ke daerah pemilihannya yang melingkupi Kota dan Kabupaten Sukabumi.

“Dengan kunjungan ini saya bisa melihat langsung lokasi yang menjadi pusat pengolahan belut di Jawa Barat ini. Termasuk menampung permasalahan apa saja yang dalam pengembangan usahanya,” kata pria yang akrab disapa HG ini.

Menurut HG yang menjabat Bendahara Dewan Pimpinan Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPN HKTI) ini, produk UKM-UKM ke depannya harus mampu bersaing dengan produk impor. Terlebih dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Dalam hal ini kualitas atau mutu yang harus ditingkatkan. Sehingga produk lokal mampu bersaing,” ingatnya.

Pimpinan KUB Flamboyan, Komalasari menyampaikan dalam mengembangkan usaha dengan cara memberdayakan masyarakat sekitar. Dengan usaha budidaya hingga pengolahan Belut, kini kelompoknya sudah mencapai 320 anggota yang tersebar di 38 kelompok.

“Alhamdulilah, sejak merintis usaha tahun 1980 usaha ini berkembang dan pemasarannya ke luar daerah da nada juga beberapa produk hingga luar negeri. Namun, saat ini untuk lebih meningkatkannya lagi kami membutuhkan alat tepat guna (ATT). Dengan adanya penambahan ATT tersebut nantinya akan meningkatkan kualitas dan kuantitas produk kami,” jelasnya. (*)

0 komentar:

Posting Komentar